Hubungi kami

Darat

Mendadak Agung Mundur dari TJ, Penggantinya Donny Saragih

Diterbitkan

Agung Wicaksono (tengah) dan penggantinya Donny Saragih (kanan)

JAKARTA (m_Trans) – Melalui sepucuk surat, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TJ) Agung Wicaksono mengundurkan diri dari jabatannya, Kamis (23/1/2020). Mengingat mundurnya karena alasan atau urusan keluarga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dimintai izin mundur pun tak banyak cakap, spontan meluluskan niat Agung.

Dengan demikian, Agung baru menjalankan tugas di TJ selama satu tahun dua bulan, tepatnya sejak 29 Oktober 2018 menggantikan Budi Kaliworo yang diberhentikan Gubernur. Ketika itu, Agung tercatat sebagai Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Agung mengundurkan diri tepat sehari setelah Gubernur DKI melakukan ground breaking (peletakan batu pertama) Integrasi Stasiun MRT ruas Gedung  Asean dan Halte Busway CSW (Rabu, 22/1/2020. “Terima kasih Gubernur DKI Jakarta Bapak Integrasi Transportasi Anies Rasyid Baswedan, telah mengijinkan saya mengundurkan diri karena alasan pribadi untuk kebutuhan keluarga saya. Untuk masa depan juga, masa depan Indonesia terutama keluarga saya,” katanya.

Menurut Agung,  pihaknya sudah mencoba mewujudkan integrasi transportasi di Ibukota. Penumpang Transjakarta sudah mencapai 1 juta orang melalui sistem  JakLingko. Diharapkan integrasi TransJakarta dengan MRT, maupun TJ dengan LRT bisa mendongkrak jumlah  penumpang TransJakarta.

Integrasi pertama berlangsung antara Transjakarta dan MRT di awal tahun 2019. Dilanjutkan dengan integrasi antara Transjakarta dan LRT berikutnya. Sampai saat ini ada 65 rute TJ  terintegrasi dengan MRT, 20 rute terintegrasi LRT, dan 156 rute TJ  terintegrasi dengan KRL dan Mikrotrans telah tergabung,” ungkap Agung.

“Transjakarta sebanyak 69 rute, menjadi satu dalam program Jak Lingko yang dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan standar pelayanan minimum yang baik untuk warga DKI Jakarta,” kata Agung melanjutkan penjelasannya.

Dirut Pengganti
Hari itu juga, perseroan langsung menunjuk pengganti Agung yaitu Donny Andy S Saragih. Dia bukan orang baru di sektor transportasi darat. Sebab, saat ini Donny adalah Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo menjelaskan, Donny punya latar belakang pengalaman di bidang transportasi. Dia sempat menjabat Komisaris PT Alfa Omega Transportasi sejak 2014 hingga saat ini. Sebelumnya  menjadi Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena Transport sejak 2007 hingga 2017.

“Sebagai Dirut PT TransJakarta baru diharapkan dapat mewujudkan transportasi publik yang aman serta mempermudah pelanggan dengan penerapan integrasi moda transportasi,” tutur Nadia.

Penugasan-penugasan yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada TJ  tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. “Integrasi yang semakin seamless, sehingga memudahkan pelanggan untuk berpindah moda,” ujarnya mengakhiri penjelasannya. (bs)

Lanjutkan membaca
Klik untuk komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement banner 300x250

Infrastrukt & Teknologi

Regulasi