Hubungi kami

Darat

Mulai Agustus, Transjakarta Masuk Kampus UI

Diterbitkan

DEPOK – (m_Trans) – Bus Transjakarta (TJ)  selama ini hanya ngetem di halte luar kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok.  Mulai Agustus 2019 mendatang, bus TJ akan masuk mengelilingi kampus, dan berhenti di setiap halte yang ada di masing-masing fakultas. Gratis selagi masih di dalam kampus. Dengan demikian perannya akan menggantikan bus kuning.

Tapi, setelah keluar kampus, penumpang harus bayar tiket sesuai tarif, yaitu Rp3.500/orang. Demikian pula jika naik bus TJ dari luar dan masuk ke dalam kampus, harus bayar. Rencana itu sesuai dengan hasil kerjasama antara manajemen PT Busway Transjakarta dengan pihak Rektorat UI yang ditandatangani Dirut PT Busway Transjakarta Agung Wicaksono dengan Rektor UI Prof Muhammad Anis pada 9 Juli 2019.

Agung menjelaskan, pihaknya akan menyediakan 15 unit bus Transjakarta model MetroT  Nantinya, layanan bus Transjakarta rute Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI akan diperpanjang hingga ke dalam kompleks Kampus UI Depok. Bagi mahasiswa yang hendak naik Transjakarta di kawasan UI tidak dikenakan biaya. “Gratis selama hanya di dalam UI. Kalau dia keluar UI maka bayar tarif reguler sebesar Rp 3.500,” ujarnya.

Bus MetroTrans akan mulai beroperasi pada 1 Agustus 2019. Bus ini akan singgah di setiap halte yang ada di masing-masing fakultas UI tiap lima menit.  “Nanti ada (menyusul) 3 rute lagi, tambahan 15 unitlah. Tadi yang sudah ada Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI, lalu Ditambah Ksmpung Rambutan -UI via Lenteng Agung, Kampung Rambutan-UI via Jalan Raya Bogor, dan UI-Margonda. Semua start 1 Agustus nanti,” ucap Agung.

Sementara itu, Rektor UI Muhammad Anis menjelaskan, dengan dengan masuknya bus TJ ke dalam kampus diharapkan bisa mengurangi kepadatan kendaraan pribadi yang masuk ke kampus. “Kita kurangi penggunaan kendaraan pribadi, ke depan kalau dimungkinkan tidak ada satu pun kendaraan pribadi masuk ke kampus tapi transportasi publik kita kembangkan,” kata Rektor. (bs1)

Lanjutkan membaca
Klik untuk komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement banner 300x250

Infrastrukt & Teknologi

Regulasi